11/09/2011

CaraMenghapus Windows.old

Akhirnya, kali ini Fikri's Blog dapat mengupdate blognya lagi, setelah lama tidak jalan. Kali ini yang akan saya share adalah cara untuk menghapus Windows.old. Sebelum,Sebelum,Sebelumnya. Bagi para pengguna windows 7, Setelah install ulang, anda akan menemukan folder windows.old. Di direktori tempat anda install windows. Windows.old ini berisi file-file dari windows lama, tapi hanya beberapa. Misalnya program Files, program data, users dan Windows. Windows.old ini bisa anda gunakan ketika anda lupa membackup file anda yang tersimpan di C untuk dapat menemukannya kembali di Windows.old ini, tapi setelah itu, folder ini tidak berguna.
Ketidak bergunaan folder ini juga tidak menimbulkan masalah. Folder Windows.old ini berukuran besar, kenapa? karena folder ini berisi juga system file yang dulu. Bayangkan saja, dalam 1 partisi ada 2 system file, dimana yang satu tidak berguna sama sekali. Tentunya akan makan hardisk. Tapi...
Windows.old ini jika dihapus akan muncul peringatan bahwa anda harus punya akses dulu dari pengguna sebelumnya (gimana mau dapet akses dari pengguna sebelumnya, orang udah diinstal ulang). Saya juga sudah coba untuk mengubah OWNER dan SECURITY nya menjadi administrators dan users. tapi tetap saja tidak bisa. Jadi bagaimana cara menghapusnya?
Ada cara mudah untuk melakukannya. Seperti pepatah, "kata lawan dengan kata". Yang berarti jika anda ingin menghapus system, anda harus hapus dengan system. Caranya? mudah saja, TANPA SCREENSHOT pun anda bisa melakukannya jika anda benar dalam mengikuti instruksi saya dengan tepat.
  1. (Pilih salah satu)
    Buka Start , klik All Programs, klik Accessories, klik System Tools, lalu klik Disk Cleanup.
    Buka Start , ketik 'disk cleanup' (tanpa tanda kutip).
    Klik kanan di C: SYSTEM , pilih properties , tools , Disk Cleanup
  2. Pilih Drive tempat anda instal windows, default C:
  3. Pilih Cleanup System Files di bawah (dekat tombol view files)
  4. (muncul lagi jendela tadi namun dengan pilihan yang berbeda)
    Beri centang/contreng/tik pada 'Previous Windows Installations'
  5. Klik "OK" lalu pilih "Delete Files"
Tunggu hingga proses pendeletan file selesai. Setelah anda selesai, sekarang lihat folder Windows.old di C:, tidak ada bukan? Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.